Edit Content
Menu Utama
Tautan Terkait
Informasi Kontak

Dosen Kimia ITERA Latih Guru SMK Yadika Pagelaran Gunakan Media Pembelajaran Berbasis Internet

ITERA NEWS. Tim dosen Program Studi Kimia Jurusan Sains Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melatih para guru di SMK Yadika Pagelaran, Pringsewu, memanfaatkan media pembelajaran berbasis internet. Media pembelajaran yang dikenalkan yaitu penggunaan server dan learning management system (LMS) berbasis moodle, yang dinilai cocok untuk pembelajaran jarak jauh hingga ujian berbasis komputer.

Tim dosen yang tergabung dalam Kelompok Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi Kimia ITERA yang diketuai Aditya Ayuwulanda, S.Pd., M.Si., tersebut memberikan pemaparan sekaligus praktik penggunaan moodle kepada para guru.  Aditya Ayuwulanda atau akrab disapa Ayu menyampaikan, selama pandemi, Prodi Kimia ITERA mengembangkan media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa selama pembelajaran dalam jaringan. Learning management system berbasis Moodle mejadi pilihan media pembelajaran yang digunakan karena dinilai efektif dan mudah diakses. Untuk pembelajaran dalam jumlah mahasiswa yang banyak, seperti dalam perkuliahan Kimia Dasar, yang memfasilitasi lebih dari 4.000 mahasiswa, dibutuhkan server yang mumpuni.

Ayu menilai, selain dapat dimanfaatkan di perguruan tinggi, sistem tersebut juga sudah saatnya diterapkan di sekolah. Terlebih di SMK Yadika Pagelaran, Pringsewu juga memiliki komitmen membangun sistem pembelajaran berbasis internet atau penggunaan website. “Pelatihan penggunaan server dan LMS berbasis Moodle di SMK Yadika Pagelaran dilakukan sebagai salah satu bentuk solusi yang ditawarkan atas apa yang dibutuhkan oleh sekolah mitra,” ujar Ayu, Rabu, 23 November 2022.

Pelatihan penggunaan server dan LMS berbasis Moodle di SMK Yadika Pagelaran dilakukan sebagai salah satu bentuk solusi yang ditawarkan atas apa yang dibutuhkan oleh sekolah mitra

Wakil Kepala SMK Yadika Pagelaran, May Ameliawati, menyampaikan kebutuhan penggunaan media pembelajaran berbasis internet saat ini sangat dibutuhkan. Karena selain dapat mempermudah guru juga dapat digunakan dalam sistem ujian. “Sekolah kami berharap suatu hari bisa mengurangi penggunaan kertas (paperless) untuk setiap ujian yang dilakukan, sehingga sistem pembelajaran dan ujian berbasis internet sangat dibutuhkan,” ujar May.

May Ameliawati berharap para guru yang merupakan tim panitia ujian akhir semester yang mengikuti pelatihan dapat menggunakan fasilitas server dan LMS yang telah diajarkan cara penggunaannya oleh para tim dosen ITERA. (Rilis/Humas)

Bagikan informasi:

Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *